Life Style

1 dari 4 Orang Tua di Asia Optimistis Didik Anak Kelola Uang

1 dari 4 Orang Tua di Asia Optimistis Didik Anak Kelola Uang


Eastspring menjadikan inklusi dan literasi keuangan topik utama.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Sebuah studi regional besar yang dilakukan oleh Eastspring Investments  (“Eastspring”), bisnis manajemen aset Prudential plc senilai 220 miliar dolar AS  di Asia, menemukan bahwa tiga dari  empat orang tua tidak yakin akan keberhasilan mereka dalam mendidik pengelolaan keuangan anak-anaknya. Sedangkan satu dari empat orang tua optimistis dalam mendidika anak-anak mereka mengelola uang.


Siaran pers yang diterima TERDEPAN.id menyebutkan, Studi Money Parenting perdana Eastspring (#MoneyParenting) menyurvei 10.000 orang tua di sembilan pasar  Asia untuk mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial.  Temuan ini memberikan pandangan yang komprehensif tentang persepsi, kebiasaan dan pengetahuan di antara  orang tua Asia tentang pendidikan keuangan, bagaimana sikap dan keyakinan tentang keuangan ini diturunkan  kepada anak-anak mereka. 


Studi tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari setengah (51 persen) dari semua orang tua yang disurvei  mengatakan bahwa mereka tidak tahu apakah mereka telah menjadi guru dan teladan yang sukses bagi  keturunan mereka. Pada saat yang sama, hampir semua (95 persen) orang tua yang disurvei setuju bahwa pentingnya  untuk mengajari anak-anak mereka tentang cara menggunakan dan mengelola uang. 


Memang, hampir setengah (43 persen) orang tua yang disurvei ingin meningkatkan pengetahuan keuangan mereka  sendiri untuk menjadi panutan dan guru yang lebih baik. Banyak yang tertarik pada alat pembantu dalam  mengajari anak-anak untuk menggunakan dan mengelola uang dengan lebih baik, termasuk aplikasi seluler,  program TV, situs web, dan lokakarya yang dapat mereka hadiri bersama anak mereka. 

BACA JUGA :  Daftar Lengkap Potensi Efek Samping Vaksin Covid-19


Dari penelitian tersebut, Eastspring mengembangkan Indeks Keyakinan Money Parenting, menunjukkan indeks  kepercayaan rata – rata 0,65 di antara sembilan pasar Asia yang disurvei. Indeks tersebut berkisar dari 0,01  hingga 1,00 dengan skor 1,00 yang menunjukkan bahwa orang tua sangat percaya diri dalam mengajar anak  mereka mengenai hal uang. Orang tua di Indonesia (0,73) dan Thailand (0,71) memiliki keyakinan tinggi tentang  keberhasilan upaya Money Parenting mereka, sedangkan orang tua di Jepang (0,5) dan Korea Selatan (0,59)  mencatat tingkat kepercayaan paling rendah. 


Mengomentari hasil penelitian, Seck Wai-Kwong, Presiden Direktur Grup Eastspring Investments mengatakan,  “Inklusi dan literasi keuangan adalah topik utama bagi kami dan kami bersemangat untuk mendidik generasi  berikutnya sehingga anak-anak dapat memahami nilai uang dan mampu membuat keputusan finansial yang  terinformasi untuk melindungi masa depan mereka.”


Ia menambahkan, “Sebagai Manajer Investasi terkemuka di Asia, kami menyadari tanggung jawab yang kami miliki kepada  masyarakat dan diinvestasikan dengan teguh untuk masa depan klien kami dan komunitas tempat dimana kami  beroperasi. Kami memainkan peran penting dalam membantu orang tua menjadi teladan yang lebih baik dengan  memberdayakan mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan alat untuk memberikan bimbingan dan  bantuan keuangan terbaik kepada anak-anak mereka dan untuk generasi yang akan datang.”


Ketidakpastian ekonomi yang diciptakan oleh pandemi COVID-19 berarti bahwa sekarang lebih dari sebelumnya  masalah seputar keamanan finansial menjadi yang paling utama di benak semua orang. Pada masa – masa  tersebut, anak – anak semakin sadar akan tekanan finansial yang menimpa keluarganya. “Melalui inisiatif ini, kami  yakin orang tua akan lebih siap untuk membantu generasi berikutnya membuat pilihan finansial yang bijaksana,  memahami hal – hal penting tentang uang dan menjalani kehidupan yang sehat secara finansial,” tambah Seck. 

BACA JUGA :  Rekam 'Hoolala' dari Rumah, Yura Rayakan Ketidaksempurnaan


Berdasarkan wawasan dari survei ini, Eastspring telah mengembangkan situs mikro khusus untuk membantu  orang tua mempelajari lebih lanjut tentang Money Parenting. Untuk memasilitasi percakapan di antara orang  tua tentang topik penting ini, Eastspring berencana meluncurkan halaman media sosial khusus bagi orang tua  untuk berbagi pengalaman, teknik dan alat yang mereka gunakan dalam perjalanan Money Parenting mereka. 


Survei tersebut mengidentifikasi lima karakter dalam Money Parenting utama yang dapat dimanfaatkan orang  tua untuk lebih memahami gaya pengasuhan mereka sendiri. Ini termasuk The Freestylers, The Facilitators, The  Nurturers, The Go-getters, dan The Balancers. Para orang tua kemudian dapat membangun teknik pengajaran  individu mereka untuk memberikan hasil belajar terbaik dari anak-anak mereka. 


Studi Money Parenting Eastspring, bersama dengan portal pendidikan investor ‘Greenhouse’, menunjukkan  komitmen perusahaan untuk memberdayakan orang tua dan investor. Upaya ini melengkapi kegiatan  pendidikan keuangan lainnya yang dilakukan oleh Prudential plc, termasuk Cha-Ching yang diperkenalkan pada  tahun 2009 untuk meningkatkan literasi keuangan pada anak-anak. 





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 4 =

Trending

Ke Atas