Politik

Bamsoet berikan bantuan bagi pemulung terdampak COVID-19


Pemulung sudah termasuk profesi karena sudah tercatat dalam Badan Pusat Statistik.

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) dan Relawan 4 Pilar MPR RI melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI sekaligus menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada 250 pemulung, Jumat.

Dalam mata rantai pengelolaan limbah dan sampah, kata Bamsoet, pemulung merupakan salah satu profesi yang rentan dengan kemiskinan dan penyakit, terlebih pada saat situasi pandemi COVID-19, pemulung menjadi kalangan yang termasuk harus mendapat perhatian.

“Pemulung sudah termasuk profesi karena sudah tercatat dalam Badan Pusat Statistik. Pemulung ini dimasukkan dalam kategori pekerja di sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah, dan daur ulang,” kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta.

Baca juga: Ketua MPR: Ketahanan nasional bangsa harus diperkuat

Menurut Bamsoet, menjadi pemulung bukan pekerjaan yang hina, justru berkat para pemulung, sisa-sisa sampah yang masih berserakan di jalanan maupun di berbagai tempat bisa dibersihkan.

BACA JUGA :  Pengamat: Kalau Tommy Dukung Pemerintah, Lain Cerita

Berdasarkan Data Sosial Ekonomi Badan Pusat Statistik pada  bulan April 2020, nilai upah kelompok pemulung atau pendaur ulang sampah masih berada di bawah rata-rata pendapatan buruh pabrik sekitar Rp2,48 juta per bulan, sedangkan upah buruh bulanan di kisaran Rp2,91 juta/bulan.

Bahkan, lanjut dia, data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada tahun 2019 mencatat jumlah individu pemulung mencapai 154.249 orang dengan penghasilan per bulan Rp109 ribu.

“Tak salah kiranya jika kita memberi perhatian kepada saudara-saudara yang berprofesi sebagai pemulung,” ujarnya.

Bamsoet sebagai ketua dewan pembina sekaligus inisiator GERAK BS mengatakan bahwa sejak pendirian awal tahun 2020, GERAK BS punya misi khusus untuk menggalang solidaritas kemanusiaan sesama anak bangsa.

BACA JUGA :  Museum arsitektur Wuhan pamerkan kecepatan China dalam perangi COVID-19

Baca juga: Bamsoet gandeng youtuber sosialisasikan Empat Pilar MPR

Langkah itu, menurut dia, dalam hal menyalurkan bantuan sosial, bantuan kemanusiaan, maupun berbagai bentuk dan upaya lainnya sebagai implementasi semangat nilai luhur Pancasila, khususnya dalam mewujudkan sila ke-2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan sila ke-3 Persatuan Indonesia.

Ia menyebutkan dari pemulung, pengemudi ojek daring, sopir taksi, sopir bajaj, tenaga kesehatan, wartawan, penggali kubur, hingga seniman, semuanya adalah saudara sebangsa.

GERAK BS sudah terlibat dalam berbagai bentuk pemberdayaan kepada mereka, mulai memberikan bantuan sembako, bantuan alat pelindung diri (APD), masker, dan penunjang kesehatan, hingga rapid test gratis.

​​​​​​​Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet juga mengadakan kuis seputar Empat Pilar MPR RI dengan hadiah sepeda.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas