Life Style

Bisnis K-Pop Dituding Cari Keuntungan dengan Sensasi ‘Nazi’

Bisnis K-Pop Dituding Cari Keuntungan dengan Sensasi ‘Nazi’


Rabi Yahudi menuding bisnis K-pop meraup miliaran dolar dengan sensasi ‘Nazi’.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Grup K-pop, Purple Kiss, belum lama ini mendapat kecaman setelah salah satu personelnya, Goeun, tampak mengenakan busana dengan simbol Nazi untuk sebuah foto promosi. Kecaman itu termasuk datang dari lembaga hak asasi manusia Yahudi, Simon Wiesenthal Center.

Rabi Abraham Cooper selaku direktur Global Social Action Agenda dari organisasi tersebut menganggap hal itu sebagai sensasi untuk bisa mengerek nama grup K-Pop yang diketahui mulai debut awal 2021 tersebut. Beberapa kritikus juga menilai itu jadi bagian dari apa yang disebut sebagai formula hype bermuatan Holocaust demi mencapai ketenaran luar biasa seperti yang dicapai BTS di pasar Amerika yang paling menguntungkan.

BACA JUGA :  Studi Awal Sebut Kulit Manggis Berpotensi Jadi Anti Covid-19

“Ini adalah bagian dari masalah yang sedang berlangsung,” kata Cooper dalam sebuah pernyataan yang diterima New York Post, dikutip Rabu (1/12).

Menurut Cooper, Asia pada umumnya, khususnya Korea, memiliki masalah Nazi. Promosi Purple Kiss dipandang sebagai contoh terbaru dari kampanye yang sedang berlangsung untuk mengandalkan simbolisme Nazi dalam industri bisnis K-Pop. Kontroversi yang dibawa ini dianggap dapat memberikan nilai bisnis hingga miliaran dolar.

“Gunakan simbol Nazi untuk mendapatkan publikasi, lalu tawarkan permintaan maaf kosong,” kata Cooper.

BACA JUGA :  Film Minari Kantongi 10 Nominasi Critics Choice Awards

Sebelumnya, akun Twitter Simon Wiesenthal Center juga menyebut itu sebagai langkah kotor dan murahan untuk meraih publisitas. Sebaliknya, lembaga bertanya bagaimana jika simbol kekaisaran Jepang yang pernah menjajah Korea juga dijadikan peruntungan bisnis? Lambang Nazi dianggap menyakiti kaum Yahudi, mengingat sejarah partai pimpinan Adolf Hitler itu telah melakukan pembantaian kaum mereka.

“Kalian tahu persis apa simbol Nazi, namun terus menggunakannya. Bagaimana perasaan orang Korea jika grup pop menggunakan simbol militer kekaisaran Jepang dalam promo?” tulis akun SimonWiesenthalCntr seraya men-tag akun label Purple Kiss, Rainbow Bridge World (RBW).





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 9 =

Trending

Ke Atas