Politik

Demokrat dan PKS Legowo Jika Kadernya tak Jadi Cawapres Anies

Demokrat dan PKS Legowo Jika Kadernya tak Jadi Cawapres Anies


Demokrat, PKS, dan Nasdem sepakat penentuan cawapres untuk mendongkrak kemenangan.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan bahwa pembicaraan terkait calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan merupakan keputusan pertanya bersama Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Karena itu, Demokrat akan menerima jika memang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak diusung sebagai cawapres dari Koalisi Perubahan itu.


“Tentu segala strategi termasuk pasangan cawapres ini adalah faktor memenangkan yang jadi pertimbangan kami. Jadi tentu akan keputusan capres dan dibicarakan juga dengan partai koalisi,” ujar Riefky di Restoran Pagi Sore, Jakarta, Jumat (18/11/2022).

BACA JUGA :  Ini Pengurus dan Lambang Baru PKS


Ia menjelaskan, ketiga partai telah memiliki kesepakatan untuk mengusung perubahan dan perbaikan untuk Indonesia. Karenanya, segala keputusan dan kesepakatan yang bertujuan untuk pemenangan di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 akan diikuti oleh Partai Demokrat.


“Jadi kalau kami ini kan berkumpul untuk semangat perubahan dan perbaikan dan itu hanya bisa dilakukan ketika kita memenangkan kontestasi atau pilpres nanti,” ujar Riefky.


Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman juga menerima jika kadernya tak diusung menjadi cawapres. PKS mendorong Ahmad Heryawan sebagai pasangan dari Anies untuk Pilpres 2024.


“Kami sepakat penentuan cawapres itu mendongkrak kemenangan, jadi kami berkomitmen siapapun kami yang dipilih oleh capres dengan pertimbangan rasional. Itu kita yakini akan membawa pada kemenangan, saya kira kami di PKS tidak ada masalah,” ujar Sohibul.

BACA JUGA :  Penambahan Dana Bantuan Partai Kurangi Ketergantungan ke Pemodal¬†


Anies dalam pertemuan tersebut menyampaikan tiga kriteria cawapresnya. Ketiganya adalah dapat membantu pemenangan, membuat koalisi solid, dan memiliki efektivitas dalam pemerintahan jika menang nanti.


“Semua opsi itu terbuka, tentu nanti akan dibahas juga bersama-sama. Jadi saya rasa pada fase ini itu fase kita lihat semua opsi kemudian kriteria sederhana kok,” ujar Anies. 





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 5 =

Trending

Ke Atas