Life Style

Enam Jenis Kopi Dunia yang Bisa Dicoba di Rumah

secangkir-kopi-memiliki-efek-positif-lain-bagi-kesehatan-yang_200309140408-642.jpg


Beberapa jenis minuman kopi di dunia ini bisa dicoba untuk dibuat di rumah.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Menikmati secangkir kopi mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika menikmati minukan favorit dengan beragam gaya?

Ada teknik tersendiri dalam menikmati kopi. Berikut beberapa jenis minuman kopi internasional yang bisa dicoba di rumah, dilansir National Geographic, Senin (8/6).

Cà phê đá, Vietnam
Biasa dikenal sebagai kopi telur, minuman Vietnam yang populer ini menghasilkab rasa manis. Kopi telah dibuat pada tahun 1940-an, selama Perang Indocina Pertama, sebagai tanggapan atas kekurangan susu (telur kocok dan gula digunakan sebagai gantinya).

Untuk membuat kreasi seperti makanan penutup ini, kocok kuning telur dan susu kental manis hingga konsistensi yang kental seperti puding. Kemudian, tuangkan di atas kopi hitam Vietnam yang kuat dan nikmatilah dengan sendok.

Mazagran, Aljazair
Dengan cuaca yang luar biasa hangatnya, limun kopi es ini bisa menjadi jawaban bagi yang mengidam kopi. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke invasi Prancis ke Aljazair pada 1800-an, ketika tentara Prancis ditempatkan di Mazagran, Aljir.

BACA JUGA :  Alanis Morissette Beberapa Kali Keguguran

Portugis kemudian membuat versi minuman mereka sendiri. Untuk membuatnya, tambahkan jus lemon segar ke dalam konsentrat minuman dingin, bersama gula secukupnya.

Beberapa resep juga merekomendasikan untuk menambahkan sedikit air soda – dan jika Anda suka, sedikit rum. Sajikan di atas es dan hiasi dengan irisan lemon.

Café de olla, Meksiko
Sesuai dengan tradisi, resep kopi Meksiko ini harus diseduh dalam pot tanah liat, karena memberikan rasa khusus yang sempurna dengan kayu manis dan gula merah yang dikandungnya. Namun, jika Anda tidak memiliki wadah gerabah, maka bisa dengan panci atau wajan lain.

Panaskan campuran air, kayu manis dan gula merah, kemudian setelah mulai mendidih, tambahkan kopi panggang gelap dan aduk. Biarkan curam selama beberapa menit dan saring sebelum disajikan.

Dalgona, Korea Selatan
Ramuan ini benar-benar menggila, dengan video TikTok dan postingan Instagram yang didedikasikan untuk kreasi kopi berbusa. Dalgona dibuat dengan mengocok bubuk kopi instan, gula, dan air panas dalam jumlah yang sama hingga menjadi krim, lalu ditambahkan ke susu dingin atau panas.

BACA JUGA :  Festival Film Mumbai Ditunda Hingga 2021

Untuk kelas master tentang cara membuat dalgona, bisa dilihat lagi dari James Hoffman, Juara Dunia Barista dan pemilik Square Mile Coffee Roasters London. Demonstrasinya dapat dilihat di Instagram-nya.

Kopi cham, Malaysia
Kopi cham, demikian sebutannya di Malaysia – atau yuan yang seperti yang dikenal di Hong Kong – dapat dibuat dengan menggabungkan kopi dan teh dengan porsi yang sama sebelum menambahkan susu kental.

Beberapa resep membutuhkan kopi sepertiga dan dua pertiga teh, tetapi ini adalah masalah pilihan selera. Cobalah di rumah dengan espresso, teh hitam, dan susu dan gula, atau susu kental manis, untuk benar-benar membawa Anda ke kopitiam Kuala Lumpur.

Pharisäer, Jerman
Untuk secangkir pharisäer tradisional, tambahkan rum ke kopi hitam panas dan kuat dengan sedikit gula dan sesendok krim kocok di atasnya. Sebagian besar resep merekomendasikan 60ml rum Jamaika gelap, dan minuman itu disajikan dalam gelas atau cangkir.





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas