Digital

Google Cloud Platform Region Jakarta arena UMKM berinovasi

IMG-20200323-WA0017_2.jpg


Jakarta (ANTARA) – Google resmi meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) Region Jakarta yang memungkinkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pengguna teknologi serta perusahaan di Indonesia untuk berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai bahwa Google Cloud Platform (GCP) Region Jakarta adalah wujud sinergi antara kemajuan teknologi dengan dunia usaha, yang bisa berjalan berdampingan untuk saling berkembang.

“Peluncuran Google Cloud hari ini merupakan contoh sinergi sangat baik di mana sektor dunia usaha, dunia bisnis, turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam acara digital Peluncuran Google Cloud Region Jakarta, Rabu.

“Saya meyakini bahwa kolaborasi antara pemerintah, lembaga-lembaga negara, dunia usaha, perguruan tinggi masyarakat sipil dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital Indonesia,” Menteri Johnny menambahkan.

Baca juga: Kominfo-Google Cloud sepakat bangun data center Juni ini

Baca juga: Google Maps mungkinkan pengembang buat game seperti Pokemon Go

BACA JUGA :  Seberapa besar ukuran PlayStation 5?

CEO Google & Alphabet Sundar Pichai mengatakan, “Hari ini kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kehadiran Google Cloud Region Jakarta. Dengan ini, perusahaan dari berbagai ukuran, akan lebih cepat dan mudah untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan alat kami.”

Pichai mengatakan baik perusahaan besar maupun startup, di industri layanan finansial, kesehatan, menufaktur, logistik, retail dan e-commerce, dapat memanfaatkan Google Cloud Platform.

“Google Cloud di sini untuk mendukung transformasi digital dengan menggunakan teknologi yang sama seperti produk kami di Google,” ujar Pichai.

Hal senada juga disampaikan CEO Google Cloud, Thomas Kurian, bahwa kehadiran Google Cloud Platform Region Jakarta untuk membantu mengakselerasi transformasi dan adopsi teknologi digital bagi perusahaan di Indonesia.

“Kami menyediakan platform infrastruktur dan rangkaian solusi spesifik untuk membantu organisasi dalam hal transformasi digital,” kata Kurian.

GCP Region Jakarta menawarkan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi. GCP Region Jakarta juga dirancang memiliki tiga zona Cloud, sehingga dapat menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi, juga memiliki opsi pemulihan bencana bagi pelanggan.

BACA JUGA :  Lembaga Pengelola Investasi Diharapkan Beroperasi Awal 2021

Sementara itu, pemerintah Indonesia berharap kehadiran GCP Region Jakarta ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, serta meningkatkan kemajuan ekonomi digital.

Di saat bersamaan, kehadiran GCP Region Jakarta juga diharap mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital, seperti data analytics, artificial intenlegence dan machine learning.

Dengan adanya Region Jakarta, Google Cloud saat ini menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Baca juga: Google Maps bakal terkoneksi dengan banyak transportasi publik

Baca juga: Google perluas cek fakta ke pencarian gambar

Baca juga: Google Meet punya pintasan untuk mulai konferensi video dengan cepat

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas