Digital

Google Photos mungkin akan hadirkan fitur edit dan biaya langganan

google.jpg


Jakarta (ANTARA) – Menjadi salah satu aplikasi manajemen dan pengeditan foto favorit, Google disinyalir berusaha untuk memonetisasi Google Photos dengan menghadirkan layanan berlangganan.

Dikutip dari The Verge, Minggu, layanan berlangganan ini memungkinkan pengguna bisa menerima pilihan 10 foto cetak setiap bulan, serta fitur pengeditan eksklusif untuk pelanggan Google One.

Baca juga: Google Photo Books mulai tersedia di AS

XDA Developers mengulik kode untuk pembaruan terbaru Google Photos. Mereka menemukan adanya string yang dengan jelas mengarah ke aplikasi yang bergerak ke beberapa dugaan.

Pertama, sebagai anggota Google One, pengguna bisa mendapatkan akses ke fitur pengeditan tambahan.

Pengguna yang berlangganan bisa membuka lebih banyak fitur pengeditan dan ruang penyimpanan (storage amount) dengan keanggotaan Google One.

BACA JUGA :  Oppo hadirkan ponsel "entry-level" A11k, ini spesifikasinya

Tetapi ini bukan hanya cuplikan kode tersembunyi; tampaknya Google sedang menguji pendekatan ini dengan beberapa orang.

Namun, Google memberi tahu The Verge bahwa itu sebenarnya tidak mengunci fitur “color pop” gratis. Menurut Google, ini hanya menawarkan versi baru yang dapat digunakan pada lebih banyak foto daripada sebelumnya.

Di Google Photo, “color pop” adalah fitur yang terus tersedia bagi siapa saja untuk digunakan, tanpa biaya, untuk foto dengan informasi kedalaman (seperti mode potret).

Sebagai bagian dari peluncuran berkelanjutan yang dimulai awal tahun ini, anggota Google One dapat menerapkan fitur tersebut ke lebih banyak foto orang, termasuk foto yang tidak memiliki informasi mendalam.

Karena itu, Google belum memberi tahu soal fitur pengeditan lain yang mungkin diputuskan untuk ditawarkan secara eksklusif kepada pelanggan Google One, dengan mengatakan “Tidak ada yang dapat dibagikan”.

BACA JUGA :  Ini Lima Deputi Kantor Staf Presiden

Dengan langganan bulanan mulai dari 1,99 dolar AS per bulan (untuk 100 GB penyimpanan cloud yang tersebar di seluruh layanan Google), Google One tidak terlalu mahal.

Ini juga digunakan untuk backup perangkat Android, dan perusahaan baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka menambahkan fitur VPN untuk pelanggan Google One dengan paket 9,99 dolar AS per bulan (penyimpanan 2TB).

Baca juga: Google uji coba fitur penjadwalan SMS

Baca juga: Facebook rilis alat transfer foto ke Google Photo, ini cara pakainya

Baca juga: Google Lens segera tersedia untuk iOS

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas