Hukum

Ini Alasan LPSK Terima Permohonan Status JC Salah Satu Tersangka Kasus Pembunuhan Subang

Ini Alasan LPSK Terima Permohonan Status JC Salah Satu Tersangka Kasus Pembunuhan Subang



Tersangka Yosep Hidayah (topi merah) bersama M Ramdanu dan tersangka lainnya melakukan salah satu adegan saat rekontruksi kasus pembunuhan yang merenggut nyawa istri dan anaknya, yaitu Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu, di rumah kejadian perkara (TKP), di Jalan Cagak Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (22/11/2023). Dalam rekontruksi yang digelar jajaran Kepolisian Ditreskrimum Polda Jabar ini memeragakan 95 adegan yang menggambarkan proses pembunuhan oleh para tersangka.

TERDEPAN.id, BANDUNG — Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengungkapkan alasan mengabulkan permohonan M Ramdanu alias Danu menjadi justice collaborator (JC). Tersangka pembunuhan ibu dan anak di Subang itu dinilai mempunyai informasi penting terkait kasus dan bukan pelaku utama.

BACA JUGA :  Sindiran Novel Baswedan: Mahfud Sedang Membela Koruptor yang Mana?

Wakil Kepala LPSK Susilaningtias mengatakan pihaknya telah memutuskan Danu menjadi JC. Terdapat sejumlah pertimbangan sehingga diputuskan yang bersangkutan menjadi JC dalam kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu.

“Kami sudah membahas mengenai permohonan perlindungan dari Danu berkaitan statusnya jadi justice collaborator dan kami sudah memutuskan dia sebagai JC dan kita mau koordinasi sama polda berkaitan dengan perlindungan,” ucap dia Jumat (1/12/2023) malam di Mapolda Jawa Barat.

Dasar keputusan Danu dikabulkan menjadi JC, ia mengatakan yaitu tindak pidana terkait kasus pembunuhan ibu dan anak diatur dalam undang-undang perlindungan saksi dan korban. Salah satunya terkait JC atau saksi yang terancam.

Selain itu, Danu memiliki informasi penting dalam kasus yang sudah berjalan dua tahun lebih. Selanjutnya, Danu bukan pelaku utama dalam kasus yang melibatkan empat tersangka lainnya.

BACA JUGA :  KPK Koordinasi dengan Bareskrim untuk Periksa Dito Mahendra

“Danu punya informasi penting dalam kasus dan dia bukan pelaku utama, mungkin ada potensi dia mendapatkan ancaman dalam kasus ini,” kata dia.

Dengan dikabulkannya Danu menjadi JC, ia mengatakan LPSK akan memberikan hak-hak saksi kepada Danu. Ia mengatakan berkoordinasi dengan penyidik terkait penanganan khusus terhadap Danu.

Lima orang ditetapkan tersangka dalam kasus pembunuhan Ibu dan Anak di Subang. Mereka yaitu Yosep Hidayah ayah dan suami korban, Mimin istri kedua Yosep Hidayah, Danu keponakan korban, Arighi dan Abi anak tiri Yosep.

 

 






Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 3 =

Trending

Ke Atas