Dunia

Menlu Retno: Vaksin senjata ampuh kalahkan COVID-19

Menlu Retno: Vaksin senjata ampuh kalahkan COVID-19



Jakarta (ANTARA) – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan vaksin merupakan senjata ampuh untuk mengalahkan COVID-19.

“Kita sekarang memiliki senjata ampuh untuk mengalahkan COVID-19. Sebanyak 24 vaksin COVID-19 telah disetujui untuk digunakan dan sekitar 7,6 miliar suntikan telah diberikan secara global,” kata Retno Marsudi dalam forum “Global Town Hall 2021” yang digelar secara virtual di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan vaksin telah memberikan hasil yang nyata terhadap pandemi COVID-19.

“Ekonomi global menunjukkan tanda-tanda kehidupan dan diproyeksikan tumbuh 5,9 persen pada tahun 2021 dan 4,9 persen pada tahun 2022,” kata dia.

Perbatasan dibuka kembali dan perjalanan internasional secara bertahap dilanjutkan. Pertemuan langsung telah mulai dilakukan termasuk KTT G-20 dan COP baru-baru ini, kata dia.

BACA JUGA :  Militan ISIS lancarkan serangan, tewaskan 10 orang polisi Irak

Baca juga: Indonesia-Inggris sepakati penguatan kerja sama vaksin dan kesehatan

“Stadion sepak bola dan konser yang ramai memberi kita harapan bahwa kehidupan akan segera kembali normal. Namun, mari kita perjelas, kita masih dalam pandemi,” ujar Retno.

Hingga saat ini, dunia telah mencatat hampir 260 juta kasus dan 5,2 juta kematian akibat COVID-19 atau empat hingga lima kali lebih tinggi dari angka-angka tahun lalu, kata dia.

WHO, lanjut Retno, mencatat tren peningkatan kasus mingguan global dengan lonjakan COVID-19 di Amerika dan Eropa.

BACA JUGA :  Malaysia tiadakan karantina bagi pejabat

Ia mengatakan sejumlah faktor berkontribusi memperpanjang pandemi, seperti langkah-langkah kesehatan masyarakat yang tidak konsisten dan pembukaan pembatasan COVID-19 yang tergesa-gesa.

Tetapi WHO menjelaskan bahwa pandemi tetap ada, sebagian besar karena akses ke pasokan vaksin yang tidak adil, kata Retno.

Global Town Hall adalah forum terbuka berdasarkan inklusi, kesetaraan dan pertemuan pemikiran dari berbagai negara baik dari wilayah timur, barat, utara, maupun selatan.

Baca juga: Menlu RI tegaskan pentingnya berbagi vaksin untuk capai target WHO

Baca juga: Indonesia ajak Inggris bersama pulihkan ekonomi pascapandemi

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas