Ekonomi

Saham Teknologi Meroket di Tengah Ketidakpastian Pemilu AS

bursa-saham-di-wall-street-_140101174715-985.jpg


Saham Facebook naik lebih dari 8 persen.

TERDEPAN.id, NEW YORK — Pasar saham AS meroket pasca pemilihan terbesar mereka dalam beberapa dekade, meskipun ketidakpastian terus berlanjut mengenai kandidat mana yang akan memenangkan pemilihan. Saham mengalami peningkatan di saat investor bertaruh hasil yang lebih dekat dari perkiraan mengurangi kemungkinan perubahan besar untuk bisnis.


Perusahaan teknologi dan kesehatan, yang sekarang dianggap cenderung tidak menghadapi regulasi baru, memimpin kenaikan. Saham Facebook naik lebih dari 8 persen, sementara beberapa perusahaan asuransi kesehatan besar mengalami lonjakan dua digit.


“Pemikiran di pasar sepertinya pemerintah terbagi terlepas dari siapa yang mengambil Gedung Putih. Itu berarti kemungkinan besar perubahan legislatif besar-besaran, pengeluaran besar-besaran atau program pajak jauh lebih kecil, dan karena itu jauh lebih sedikit ketidakpastian.”kata Chris Low, kepala ekonom di FHN Financial, dilansir di BBC, Kamis (5/11).


Dengan jutaan suara yang masih harus dihitung, Presiden Donald Trump yang sedang menjabat dan penantangnya, Joe Biden, bersaing ketat. Tetapi prediksi tentang kemungkinan kemenangan telak awal untuk Biden dan partainya di Kongres gagal terwujud. 


Pada Rabu (4/11) pagi, Trump mengklaim kemenangan sebelum waktunya, dan kemudian pindah untuk menantang penghitungan suara di beberapa negara bagian.


Namun, bertentangan dengan beberapa ekspektasi, ketidakpastian atas hasil tampaknya tidak mengkhawatirkan pasar keuangan AS, yang telah terbukti tangguh tahun ini meskipun terjadi penurunan pada bulan Maret yang dipicu oleh virus corona.


Ada aksi jual singkat di pasar berjangka AS semalam, karena harapan investor memudar bahwa apa yang disebut kemenangan Blue Wave oleh Demokrat akan mengantarkan paket pengeluaran besar untuk bantuan virus corona dan mendorong harga saham lebih tinggi.


Tapi saham bangkit kembali karena investor bertaruh perlombaan ketat mengurangi kemungkinan perubahan lain yang mungkin terjadi, seperti kenaikan tarif pajak perusahaan yang diusulkan oleh Biden.


Kenaikan S&P 500 dan Dow adalah yang terbesar selama satu hari setelah pemilihan presiden setidaknya dalam empat dekade. Indeks di Eropa juga ditutup lebih tinggi, naik kembali setelah penurunan tajam menyusul pidato kemenangan prematur Presiden Donald Trump. Pasar Asia juga sebagian besar naik pada hari Rabu.

BACA JUGA :  Abu Dhabi kesempatan terakhir debut latihan Schumacher di F1





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas