Ekonomi

Saran INSA untuk New Normal Operasional Kapal

049431800-1592557146-830-556.jpg


Pengurusan dokumen kapan disarankan melalui online untuk mengurangi kontak fisik. 

TERDEPAN.id, JAKARTA — Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners Association (INSA) memberikan sejumlah saran terkait pemberlakuan kebiasaan baru atau new normal untuk operasional kapal. Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan hal tersebut dibutuhkan agar operasional kapal tetap berjalan lancar saat pandemi Covid-19 belum juga berakhir. 

“Kapal penumpang jarak dekat mohon pertimbangan dan perhatian mengenai syarat protokol kesehatan yang practicable dan tetap aman,” kata Carmelita, Jumat (19/6). 

Dia menjelaskan, untuk kapal-kapal bulk carrier dan general cargo yang menggunakan Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di atas kapal baik bersandar maupun transhipment di laut harus menerapkan protokol kesehatan. Para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dkap tersebut menurutnya harus mengikuti protokol kesehatan di bawah pengawasan syahbandar setempat.

Carmelita menuturkan, dokumen-dokumen safety certificate dan registrasi harus dijalankan secara online keseluruhan di kementerian dan kepelabuhanan. Hal tersebut dibutuhkan agar menghindari kontak personal, tata cara dan kegiatan pergantian kru diatur secara terstruktur dan seragam di semua pelabuhan Indonesia. 

“Tidak ada lagi pelabuhan di Indonesia yang menolak pemberlakuan pergantian kru karena kebijakan pemerintah lokal,” tutur Carmelita. 

Dia mengatakan, saat pandemi Covid-19 maka  harus lebih aktif dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia pelayaran. Begitu jugabdengan program kerja yang diamanahkan dalam RUA dapat dijalankan dengan baik. 





Sumber

BACA JUGA :  Pro Kontra Pembentukan Lima Subholding Pertamina, Maman Abdurrahman: Sarankan Bentuk Superholding BUMN
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas