Digital

Tokopedia perluas fitur untuk perangkat Android

Jaminan-Tepat-Waktu-Tokopedia.jpg


Jakarta (ANTARA) – Layanan e-commerce Tokopedia memperluas fitur untuk pengguna OS Android, melalui sederet inovasi untuk mempermudah pengalaman berbelanja pengguna yang memakai perangkat Android.

Menurut Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin, melalui konferensi pers virtual, Selasa, inovasi fitur di perangkat Android berangkat dari data, dimana aplikasi Tokopedia telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia sejak tahun 2016.

Adapun sejumlah fitur yang diperbarui, termasuk Dynamic Feature, hingga penggunaan Google Assistant.

“Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” kata Rico.

Baca juga: Digitalisasi UMKM, langkah besar songsong kebangkitan ekonomi

Baca juga: Tokopedia kembalikan ongkos kirim jika pesanan terlambat tiba

Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27 persen, dari 49,9MB menjadi 36MB.

BACA JUGA :  'Biaya Tes Cepat di Atas Ketentuan Harus Diberi Sanksi'

Lebih lanjut, ada App Action & Google Assistant yang mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu.

Fitur ini juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.

Selanjutnya, ada Android App Shortcut. Pengguna bisa mengakses berbagai layanan Tokopedia dengan sekali tap pada ikon aplikasi Tokopedia di halaman ponsel, lalu pengguna akan langsung diarahkan ke layanan yang dibutuhkan.

Fitur lainnya adalah Voice to Text di Search Bar. “Kemudahan ini membantu masyarakat mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara,” kata Rico.

BACA JUGA :  PlayStation 5 tiba di Indonesia awal tahun depan, ini harganya

Terakhir, terdapat fitur NFC. Sebelumnya, Tokopedia sudah menyematkan fitur ini di tahun 2018 dan menjadi perusahaan e-commerce pertama yang menghadirkan NFC.

“Masyarakat, termasuk pengguna perangkat Android, bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia,” kata Rico.

Rico menambahkan, sederet inovasi yang terus dihadirkan ini membuat Tokopedia pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018.

“Saat itu adalah kali pertama aplikasi e-commerce (kategori Belanja) asal Indonesia berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App,” pungkasnya.

Baca juga: Porsche rambah penjualan daring di Tokopedia

Baca juga: Produk digital terlaris di “warung” Mitra Tokopedia

Baca juga: Kiat dekorasi rumah nyaman untuk “WFH”

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas