Sport

Vettel: Mugello layak untuk Grand Prix Formula 1

mugello.jpg


Jakarta (ANTARA) – Juara dunia empat kali Sebastian Vettel menilai Sirkuit Mugello di Italia layak untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1.

Vettel bersama rekan satu timnya Charles Leclerc, Selasa, menyambangi sirkuit di pegunungan Tuscany itu untuk menjalani sesi tes privat bersama Ferrari sebagai ajang pemanasan jelang restart Formula 1 yang kurang dari dua pekan lagi.

“Aku senang bisa kembali ke kokpit setelah jeda yang bahkan lebih panjang dari libur musim dingin biasanya. Aku juga sangat lega melihat kalian semua di tim pada akhirnya,” kata Vettel dilansir laman resmi Ferrari.

“Luar biasa bisa sekali lagi merasakan mobil ini dan menjalaninya di trek spektakuler seperti ini. Aku rasa Mugello layak untuk menggelar Grand Prix Formula 1.”

Baca juga: Ferrari gelar tes privat di Sirkuit Mugello

Mugello rutin masuk di kalender MotoGP sejak 1994 dan sejumlah ajang continental GT racing namun belum pernah menggelar balapan F1 sebelumnya.

Sirkuit itu pernah sekali kedatangan rombongan F1 sebagai venue tes tengah musim pada 2012 di mana sejumlah pebalap sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 5,2km itu. Vettel salah satunya.

BACA JUGA :  Yates keluar dari Giro d'Italia setelah positif COVID-19

“Aku belum pernah lagi melibas (trek) ini dalam delapan tahun, jadi butuh beberapa lap bagiku untuk membiasakan diri dengan trek dan kemudian menikmatinya.”

 

Vettel mendapat jatah latihan di sesi pagi, 116 hari setelah terakhir kali berada di balik kemudi “jet darat” pada sesi tes pramusim di Barcelona.

Karena adanya pembatasan jumlah tes terhadap mesin mobil tahun ini, maka Ferrari membawa SF71H, mobil musim 2018 mereka, yang dilengkapi ban non-balapan dari Pirelli.

Baca juga: Leclerc bawa mobil F1 Ferrari di jalanan Maranello

Sementara hari itu merupakan kesempatan pertama bagi Leclerc menjajal sirkuit langganan tuan rumah Grand Prix MotoGP Italia itu.

Pekan lalu sang pebalap Monako itu membawa mobil musim 2020, SF1000, dari markas tim di Maranello menuju sirkuit tes Ferrari, Fiorano, yang secara simbolik menunjukkan bahwa tim berlogo kuda jingkrak itu siap menyambut musim balapan yang akan dimulai di Austria, 5 Juli nanti, setelah hampir empat bulan vakum karena pandemi virus corona.

BACA JUGA :  Stroll bawa "Pink Mercedes" puncaki FP2 GP Britania

Tes privat di Mugello itu juga menjadi ajang gladi resik tim untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sirkuit.

F1 telah merilis delapan seri awal di revisi kalender tahun ini dimulai dengan dua Grand Prix di Austria pada 5 dan 12 Juli hingga Grand Prix Italia di Monza pada 6 September. Mereka juga sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk menggelar balapan di luar delapan seri di kalender revisi yang telah dirilis.

Ada pula pembicaraan dari pihak penyelenggara untuk menggelar balapan kedua di Italia di Sirkuit Mugello atau Imola setelah Grand Prix Italia di Monza pada 6 September mendatang.

Baca juga: MotoGP dan Formula 1 restart, berikut komparasi jadwalnya
Baca juga: F1 luncurkan insiatif perangi COVID-19, rasisme, dan inekualitas

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas