Ekonomi

Aliansi perusahaan Jepang jajaki energi terbarukan Indonesia

IMG-20200517-WA0009_2.jpg


Kami tetap berkomitmen untuk mendukung energi masa depan, sebagai mitra pilihan untuk mewujudkan sistem teknologi yang lebih pintar dan ramah lingkungan

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan aliansi atau gabungan Hitachi Ltd dan ABB Ltd dengan Hitachi ABB Power Grids Ltd telah resmi beroperasi untuk menjajaki bisnis pengembangan usaha energi terbarukan di Indonesia.

Hitachi sendiri memegang 80,1 persen saham dari perusahaan patungan ini (volume bisnisnya mencapai 10 miliar dolar AS) dan ABB memiliki saham selebihnya, demikian data yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pengembangan energi terbarukan belum optimal, minim dukungan politik

Executive Wakil Presiden Hitachi Toshikazu Nishino merupakan chairman perusahaan baru tersebut dan Claudio Facchin menjabat sebagai CEO.

“Teknologi digital terdepan Hitachi, digabungkan dengan solusi-solusi power-grid kelas dunia akan membantu kami berperan aktif dalam transformasi dan dekarbonisasi sistem energi global untuk masa depan energi yang berkelanjutan,” tutur Toshikazu Nishino.

BACA JUGA :  Sukses pertahankan gelar, Inoue siap buru sabuk juara berikutnya

Baca juga: Pertumbuhan energi terbarukan Indonesia tertinggi di dunia

Perusahaan gabungan yang menggabungkan dua korporasi raksasa global tersebut menciptakan pemimpin tenaga listrik. Aliansi dengan Hitachi akan memfasilitasi perluasan peluang bagi perusahaan baru ini di bidang mobilitas, smart city, industri, penyimpanan energi (energy storage) dan pusat data (data center) diantaranya di Indonesia.

CFO ABB dan Direktur Dewan Hitachi ABB Power Grids, Timo Ihamuotila menjelaskan sinergi dan akses ke pasar baru dan berkembang yang difasilitasi Hitachi akan mendukung pengembangan bisnis Power Grids ke tahap berikutnya, seraya memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar.

BACA JUGA :  Aliansi Volvo dan Isuzu Masuki Tahap Akhir

Baca juga: Kementerian ESDM gandeng IEA perkuat energi terbarukan

Hal senada disampaikan CEO Hitachi ABB Power Grids, Claudio Facchin menjelaskan dengan menggabungkan kekuatan teknologi kedua perusahaan, maka diprediksi akan mendapatkan peluang pasar baru.

“Kami tetap berkomitmen untuk mendukung energi masa depan, sebagai mitra pilihan untuk mewujudkan sistem teknologi yang lebih pintar dan ramah lingkungan.” jelasnya

Sementara itu, Country Managing Director PT ABB Power Grids Indonesia Michel Burtin menyampaikan perusahaan gabungan baru antara Hitachi dan ABB Power Grids akan memperkuat portofolio perusahaan dengan solusi-solusi inovatif bukan di sektor listrik dan energi saja, tetapi di sektor strategis lainnya seperti transportasi dan infrastruktur.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas