Ekonomi

BRI Life Berdayakan Aswapemari Banjarnegara Menuju Pasar Modern

BRI Life Berdayakan Aswapemari Banjarnegara Menuju Pasar Modern


TERDEPAN.id, JAKARTA — Sejalan dengan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Ultra Mikro di tanah air, BRI Life terus berkomitmen dalam memajukan pelaku UMKM dan Ultra Mikro Indonesia, salah satunya dengan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan (Aswapemari) Banjarnegara, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian, kesejahteraan, melalui literasi kepada anggota Aswapemari binaan BRI Life tersebut.


Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution menjelaskan bahwa, BRI Life bekerjasama dengan BRI Research Institute, bersinergi dalam program BRI Life Berbagi untuk melakukan kegiatan pemberdayaan bagi Aswapemari Banjarnegara, melalui berbagai kegiatan lanjutan yang telah dimulai sejak Oktober 2022.


“Ada beberapa program kegiatan yang kami lakukan bersama Aswapemari Banjarnegara yakni, pendampingan pelatihan Digitalisasi Usaha serta pelatihan pengelolaan keuangan bisnis/pribadi dan literasi asuransi yang dilengkapi dengan bantuan tools berupa alat kemasan sehingga awalnya kami beri nama Program Rumah Kemasan,” kata Ade ditulis Rabu (25/10/2023).


Sebagai program lanjutan di BRI Life, saat ini, l coaching terkait optimalisasi usaha yang mencakup pula bagaimana memasuki pasar moderen, penjualan on line dan pengelolaan keuangan bisnis, perusahaan juga memberikan bantuan berupa alat standar Good Manufacturing Practise (GMP) serta memberikan asuransi gratis bagi peserta seusai pelaksanaan literasi keuangan & asuransi tingkat lanjutan. Literasi keuangan dan asuransi ini juga merupakan program khusus di bulan inklusi keuangan yang ditetapkan OJK.


Aswapemari merupakan kelompok wanita pengusaha makanan ringan di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya yang sudah berdiri selama 11 tahun, selama ini mengembangkan usaha makanan ringan, bertujuan untuk membantu perekonomian keluarga dan telah memiliki 50 anggota aktif.


Beberapa hasil positif yang didapat dari program pemberdayaan sampai dengan tahap kedua ini antara lain sebelum ada pemberdayaan Rumah Kemasan, omzet rata-rata perbulan tiap anggota sebesar Rp 2 hingga 3 Juta, setelah adanya Rumah Kemasan menjadi sebesar Rp 4 — 6 Juta perbulan, serta adanya pengembangan produk baru berupa abon ikan dengan omset perbulan Rp 2 juta hingga 3 Juta.


Terkait produk, saat ini sudah memasuki pasar modern seperti Alfamart, Indomaret dan toko modern di daerah setempat dan mulai melakukan penjualan ke luar kota yaitu Yogyakarta. Beberapa anggota Aswapemari juga telah terbantukan dalam memperoleh sertifikasi halal dari Lembaga terkait.

BACA JUGA :  Mentan: Produksi Kedelai Dalam Negeri akan Dilipatgandakan


Bulan Inklusi Keuangan


Industri Asuransi menjadikan Bulan Oktober sebagai Bulan Inklusi Keuangan, dimana setiap 18 Oktober industri memperingati Hari Asuransi. Secara bersama-sama, industri memberikan literasi mengenai akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang bermanfaat dan terjangkau, dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun usahanya dalam hal transaksi, pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi yang digunakan secara berkelanjutan.


Dalam memperingati bulan Inklusi Keuangan tahun ini, BRI Life bersama Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) memberikan edukasi dan literasi kepada UMKM Ultra Mikro di Surabaya. Acara ini berlangsung pada 18 Oktober 2023, dengan menghadirkan narasumber Renita Dwita Angelina selaku Bancassurance Distribution Manager BRI Life Wilayah Surabaya.





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 4 =

Trending

Ke Atas