Politik

Gerindra Ungkap Proporsi Kabinet Prabowo-Gibran Sudah Dibicarakan

Gerindra Ungkap Proporsi Kabinet Prabowo-Gibran Sudah Dibicarakan


TERDEPAN.id, JAKARTA — Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Prabowo Subianto sebagai pemenang Pilpres 2024. Namun, ia juga mengakui, saat ini proporsi kabinetnya nanti sudah dibicarakan dengan para ketua umum partai politik.

Prabowo dalam beberapa waktu terakhir kerap bertemu ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju. Ia yakin, dalam pertemuan tersebut juga disinggung soal kabinet periode 2024-2029.

“Secara substansi, hal ihwal terkait proporsi kabinet, menurut saya sih sudah dibicarakan. Kan Pak Prabowo juga sudah banyak melakukan pertemuan dengan para ketua-ketua umum ya, ada yang rame-rame, ada yang khusus juga,” ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Habiburokhman menambahkan, Prabowo menginginkan komposisi kabinet yang bisa diandalkan untuk melakukan kerja-kerja cepat. Tujuannya, agar para pembantunya di kabinet dapat segera melakukan penyesuaian setelah Prabowo dilantik pada 20 Oktober mendatang.

BACA JUGA :  GoPro perbanyak lini kamera pada 2023

 

“Langsung gas pol, kerja, bagaimana mencapai target-target yang disampaikan dalam visi-misi dan program pemilu ini,” ujar Habiburokhman.

Ia sendiri mengaku tak tahu nama-nama yang akan ditunjuk mengisi posisi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Wakil Ketua Komisi III DPR itu hanya mengungkapkan, partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju puas dengan keputusan calon presiden nomor urut 2 itu.

“Yang jelas pasti semua anggota Koalisi Indonesia Maju akan merasa puas dengan apa yang disepakati,” ujar Habiburokhman.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan penyusunan kabinet periode 2024-2029 merupakan hak prerogatif Prabowo. Meskipun ia meyakini, Menteri Pertahanan (Menhan) itu sudah memiliki gambaran untuk komposisi pemerintahannya nanti.

BACA JUGA :  Airlangga Konsolidasikan Golkar Sulsel untuk Raih 7 Kursi DPR dan Menangkan Prabowo-Gibran

“Saya kira Pak Prabowo sudah punya rumusan-rumusan bagaimana konfigurasi dari kabinet akan datang. Berapa banyak dari parpol, berapa banyak dari profesional, dan kemudian dari parpol komposisinya berapa besar dari partai a, b, c,” ujar Doli di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Namun sekali lagi, penyusunan kabinet periode 2024-2029 merupakan hak prerogatif Prabowo. Termasuk soal komposisi dan nama yang akan mengisi pos-pos menteri yang ada. Ia sendiri yakin sebelum penyusunannya, Prabowo akan berkomunikasi dengan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju. Termasuk partai politik di luar koalisi yang nantinya ikut bergabung.

“Presiden terpilih pasti membuka komunikasi terhadap partai-partai pengusung, apalagi pendukung baru,” ujar Doli.





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =

Trending

Ke Atas