Life Style

Ilmuwan Konfirmasi Teori Relativitas Einstein

albert-einstein-dan-teori-relativitas-_130630210710-594.jpg


Ilmuwan membuktikan terori Einstein lewat gerakan tiga bintang.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Penemuan baru mendukung teori dasar relativitas Einstein. Mereka membuktikannya lewat gerakan tiga bintang. Ilmuwan mengamati dua bintang katai putih (white dwarf) dan bintang neutron yang runtuh menunjukkan konsep terjun bebas.

Temuan ini disebutkan dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Astronomy and Astrophysics pada awal Juni.

Dilansir dari Futurism, ide yang diilustrasikan ini pernah dilakukan oleh Galileo dengan Leaning Tower of Pisa. Pada abad ke 15, Galileo pernah menjatuhkan benda dari menara Pisa yang miring untuk membuktikan teori gravitasi.

BACA JUGA :  Barry Likumahuwa Anggap Ayahnya Seperti Sahabat

 

Eksperimen pemikiran Galileo adalah bahwa gravitasi mempercepat setiap benda yang jatuh dengan kecepatan yang sama. Ini pada awalnya bertentangan dalam kondisi ekstrem.

 

Namun, dalam penemuan baru, pengukuran yang sangat tepat dari ketiga bintang tersebut mendukungnya, seperti dalam teori relativitas umum Albert Einstein.

Para ilmuwan dari University of Manchester saat ini mengidentifikasi contoh terjun bebas yang tidak biasa di antara tiga bintang. Para ilmuwan menggunakan teleskop radio untuk mengukur bagaimana bintang neutron mengorbit dua bintang katai putih dalam sistem yang sama seperti bagaimana Bumi dan bulan mengorbit matahari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga bintang dipengaruhi dengan cara yang sama oleh medan gravitasi mereka.

BACA JUGA :  Berbeda dengan Laki-Laki, Perempuan tidak Memerlukan Sunat

 

Dengan melacak posisi tiga bintang hingga nanodetik, tim peneliti menemukan bintang katai putih pertama dan bintang neutron dengan cepat menuju bintang katai putih lainnya dengan kecepatan yang sama persis. Ini memvalidasi teori relativitas umum.





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas