Ekonomi

Kembangkan Pasar Nontradisional, Ini Sejumlah Negara yang Dibidik Mendag

Kembangkan Pasar Nontradisional, Ini Sejumlah Negara yang Dibidik Mendag


TERDEPAN.id,JAKARTA — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan mengembangkan beberapa pasar nontradisional pada tahun ini. Pengembangan itu meliputi Asia Selatan, Amerika Latin, Afrika, dan Uni Eropa.

 Disebutkan, Asia Tengah dan Amerika Latin bakal menjadi fokus utama. “Kami juga akan menyelesaikan perjanjian-perjanjian dagang, seperti dengan Mesir, Arab Saudi, dan India,” kata pria yang akrab disapa Zulhas itu kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

 Negara lainnya, kata dia, meliputi Pakistan, Bangladesh, Kazakhstan, Kirgistan, Armenia, Belarusia, Meksiko, Peru, Nigeria, dan Afrika Selatan. Ia juga berencana memaksimalkan perjanjian dagang dengan Uni Emirat Arab guna memperluas pasar ekspor di Benua Afrika.

BACA JUGA :  PKB tidak Kaget Demokrat Merapat ke Prabowo

 Mendag pun menargetkan penyelesaian delapan perjanjian dagang sepanjang 2024. Di antaranya Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA).

 Diharapkan, perundingan tersebut dapat selesai pada tahun ini karena sudah berjalan lebih delapan tahun. Tujuh perjanjian dagang lain yang ditargetkan rampung pada 2024 dengan Bangladesh, Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Armenia Peru, Tunisia, dan Kanada. 

Zulhas menambahkan, perundingan Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement akan selesai dalam waktu dekat. Disebutkan, ada beberapa negara yang menjadi tujuan misi dagang pemerintah meliputi Nigeria, Afrika Selatan, Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, India, Bangladesh, Meksiko, serta Chili.

BACA JUGA :  Pemerintah Harapkan KEK Tingkatkan Investasi Rp 61,9 Triliun pada 2023

Zulhas mengungkapkan, pada 20-23 Januari tahun lalu, dirinya memimpin misi dagang ke Arab Saudi. Kemudian menghasilkan kontrak langsung yang melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), nilai kontraknya sekitar 155,7 juta dolar AS.

Ia menjelaskan, misi dagang merupakan komitmen Kemendag untuk melakukan promosi pada pasar-pasar tujuan ekspor nontradisional. “Walau pun kita dekat dengan Arab Saudi, haji banyak, umroh banyak, (tapi selama ini) makan itu lauknya dari Thailand, dari kita nggak ada, karena kita belum ada perjanjian,” jelasnya. 

 





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eleven =

Trending

Ke Atas