Digital

Pembayaran digital dan logistik jadi trend e-commerce 2021

Pembayaran digital dan logistik jadi trend e-commerce 2021


Jakarta (ANTARA) – Pandemi virus corona yang masih berlansung memberikan perubahan pada bisnis e-commerce, pembayaran digital dan logistik diperkirakan menjadi trend di sektor tersebut tahun ini.

“Belanja online berkembang dari sekedar pengalaman transaksional menjadi pengalaman yang lebih sosial, dimana platform e-commerce mengintegrasikan lebih banyak elemen interaktif, seperti game dan live streaming untuk mengajak pengguna berpartisipasi,” kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam keterangan pers, dikutip Selasa.

Baca juga: ShopeePay dan Pawoon dorong transaksi nontunai untuk UMKM

Dia memprediksi ada tiga trend utama untuk e-commerce di Indonesia, yang pertama berkaitan dengan pembayaran digital yang semakin meningkat tahun ini.

BACA JUGA :  Studi Snapchat, generasi Z lebih menjaga privasi

Masyarakat semakin terbiasa dengan keberadaan e-commerce sehingga pembayaran digital menjadi cara bertransaksi favorit. ShopeePay, dompet digital mereka, meningkat empat kali lipat untuk jumlah total transaksi di seluruh negara tempat Shopee beroperasi, termasuk Indonesia.

Menurut Handhika, peningkatan terbesar berasal dari pengguna di atas 50 tahun. Mereka juga mencatat kenaikan sembilan kali lipat untuk pedagang luar jaringan yang mengadopsi dompet digital milik mereka.

Kebiasaan berbelanja online berkaitan erat sektor logistik, yang akan menjadi semakin penting untuk pengiriman yang efisien. Catatan Shopee, ada peningkatan di atas 4,5 kali lipat untuk pengiriman produk makanan dan kesehatan dari gudang mereka.

BACA JUGA :  Denda Rp18 juta bagi warga Hong Kong penolak tes COVID-19

Prediksi terakhir, mitra merk maupun penjual diperkirakan akan memakai strategi ritel yang inovatif untuk menjangkau pelanggan di masa pandemi ini.

Berjualan online bisa menjasi sumber pendapatan yang besar bagi penjual sehingga perlu e-commerce pun perlu beradaptasi berkolaborasi untuk strategi yang inovatif ini.

Shopee mencontohkan salah satu kolaborasi mereka untuk merk kecantikan yaitu pengalaman berbelanja online menggunakan kecerdasan buatan untuk analisis perawatan kulit yang cocok untuk konsumen.

Baca juga: ASDP gandeng dompet digital untuk pembayaran tiket ferry

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =

Trending

Ke Atas