Life Style

Usus Sehat Dukung Berat Badan Optimal

Usus Sehat Dukung Berat Badan Optimal


Kesehatan usus bisa membantu menurunkan berat badan.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Kesehatan usus berkaitan dengan kondisi tubuh secara keseluruhan. Merawat usus bahkan membuat tubuh secara otomatis dapat melawan dan mengelola penyakit kronis yang kompleks seperti diabetes, menangkal bakteri menular, maupun mencegah masalah pencernaan. 


Tetapi kesehatan usus juga ternyata berperan dalam proses penurunan berat badan. Kesehatan usus rupanya punya hubungan erat sekaligus mendukung berat badan yang optimal.


Ahli gizi Rashi Chowdhary, yang berspesialisasi dalam kesehatan usus, masalah berat badan, dan diabetes, baru-baru ini membagikan penjelasan tentang “hubungan antara usus dan penurunan berat badan yang optimal” melalui Instagram, seperti dilansir dari Indian Express, Selasa (28/12).

BACA JUGA :  Blockchain Kini Rambah Sektor Real Etlstate


“Sering kali pasien datang kepada saya dengan keluhan bahwa mereka sepertinya tidak bisa menurunkan berat badan atau mengikuti rencana makan yang sehat,” kata Chowdhary.


Dia menambahkan bahwa penyebab di balik ‘lapar yang terdistorsi’, yaitu ketika orang merasa lapar setelah makan atau mungkin selalu merasa lapar dan tidak pernah bisa berhenti makan. Kondisi itu adalah mikrobioma usus yang tidak seimbang, dan pada akhirnya menyebabkan penambahan berat badan.


Dia juga menguraikan soal dysbiosis usus, yaitu ketika cukup Peptida YY, hormon yang mengirim sinyal ke otak tentang tingkat kepenuhan sehingga orang mengerti bahwa dirinya harus berhenti makan. Disbiosis usus, pada gilirannya, menyebabkan ketidakseimbangan dalam dua hormon yang menurunkan nafsu makan, dan ghrelin yang meningkatkan nafsu makan. 

BACA JUGA :  Roket Soyuz Luncurkan 2 Satelit Navigasi Galileo ke Orbit


“Inilah mengapa Anda akan menemukan diri Anda tergelincir dari diet lagi dan lagi dan tidak ada jumlah makan intuitif yang cukup. Jika usus tidak baik-baik saja, bagaimana Anda bisa berharap untuk makan secara intuitif karena yang jelas intuisi nafsu makan berasal dari usus,” ujar Chowdhary.


Hanya setelah mikrobioma usus membaik, seseorang akan dapat mendengarkan sinyal dan isyarat tubuh. Menurut Chowdhary, itu artinya pembersihan usus dapat membantu membantu tetap pada rencana makan seseorang dan makan dengan pola yang tepat.





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − thirteen =

Trending

Ke Atas