Digital

Fitur-fitur baru di macOS Big Sur

apple_macos-bigsur-availability_messages-personalization_11122020.jpg


Jakarta (ANTARA) – Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk perangkat Mac, bernama Big Sur, yang menawarkan tampilan dan fitur-fitur baru untuk berbagai aplikasi yang ada di Mac.

Apple, dalam siaran resmi di blog mereka, menuliskan Big Sur dibuat untuk memaksimalkan pengalaman menggunakan chip M1 di Mac mini, MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci.

Di sistem operasi ini, dock berisi ikon aplikasi tetap berada di bagian bawah layar, ciri khas OS untuk Mac.

MacOS Big Sur juga memberikan tampilan baru untuk Control Center, agar fitur Do Not Disturb, kecerahan kibor bisa diakses lewat bar menu.

Safari

Untuk peramban Safari, perangkat Mac yang menggunakan chip M1 akan 1,5 kali lebih cepat saat membuka JavaScript. Big Sur juga menjanjikan javaScript dua kali lipat lebih responsif.

BACA JUGA :  Maulid Nabi, Saatnya Indonesia Nasihati Macron

Apple juga merombak ulang tab untuk Safari yaitu lebih banyak tab yang muncul dan disertai tinjauan (preview) saat mengarahkan kursor di atas tab.

Safari terbaru juga dilengkapi dengan fitur penerjemahan terintegrasi (built-in) dalam tujuh bahasa, peramban bisa langsung menerjemahkan seluruh isi laman.

Messages

Fitur berkirim pesan di Mac kini dilengkapi dengan perangkat baru, seperti “pin conversation” untuk menandai pesan supaya berada di urutan paling atas.

Messages juga tersinkronisasi antara perangkat Mac dengan iPhone, iPad dan Apple Watch.

Agar berkirim pesan terasa lebih personal, Big Sur juga memberikan Messages fitur untuk menghias pesan dengan emoji bikinan sendiri.

Messages juga mendapat fitur baru untuk grup, misalnya untuk keluarga dan teman, yakni bisa langsung membalas pesan dalam utasan.

BACA JUGA :  Samsung punya aplikasi pencari gadget yang raib meski sedang offline

Maps

Aplikasi peta Maps terbaru memiliki fitur Guides, untuk memberikan panduan ke tempat-tempat seperti restoran hingga tempat wisata.

Sementara di fitur Look Around, pengguna bisa melihat tempat yang diinginkan dalam gambar 360 derajat.

Maps di Big Sur juga akan menampilkan rute navigasi untuk sepeda dan skuter elektrik, yang bisa dikirimkan langsung ke iPhone.

Baca juga: Sistem operasi baru MacOS Big Sur sudah bisa diunduh gratis

Baca juga: Parallels Desktop 14 tersedia untuk Mac

​​​​​​​Baca juga: MacOS Big Sur akan dilengkapi dengan Face ID

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas