Ekonomi

Luhut Apresiasi Dukungan Percepatan Infrastruktur Digital

Luhut Apresiasi Dukungan Percepatan Infrastruktur Digital


Jaringan internet jadi kunci keberhasilan pencapaian target onboarding UMKM.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Untuk memulihkan kondisi perekonomian masyarakat, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemerintah telah mencanangkan program Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI). Gernas BBI melibatkan berbagai kementerian, lembaga dan sektor swasta.

Pemerintah melakukan peluncuran Kilau Digital Permata Flobamora pada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (18/6). Kegiatan yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika  Johnny G Plate serta Gubernur NTT Viktor Laiskodat secara langsung ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk artisan lokal agar lebih dikenal masyarakat luas.

BACA JUGA :  Mubadala Energi Komitmen Investasi Keberlanjutan di Indonesia

Luhut menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo yang telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, untuk terus mengawal Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). “Kita akui, peran Kominfo, didukung Bakti dan Telkom memiliki kekuatan untuk percepatan digitalisasi di berbagai daerah,” kata Luhut.

Untuk itu, sambungnya, Kementerian Kominfo diminta untuk menambah jumlah Base Transceiver Station (BTS) di daerah lainnya. Sebab masyarakat membutuhkan jaringan internet.

“Jaringan internet ini juga yang menjadi kunci keberhasilan untuk pencapaian target UMKM 30 juta unit onboarding  (beralih ke platform digital) pada 2023,” ujar Luhut.

BACA JUGA :  AHY: Demokrat Pertahankan Koalisi Perubahan pada Pemilu 2024

Luhut menuturkan, sejak Mei 2020 hingga Mei 2021 terdata telah ada 6,1 juta UMKM yang berpindah ke ekosistem digital. Artinya, pada 2021 terjadi peningkatan 2,3 juta unit UMKM yang onboarding dari 6,1 juta yang ditargetkan.

“Lima bulan ini kita baru mencapai sekitar 37 persen,” ucap Luhut.

Dengan data ini, dia mengingatkan agar seluruh  manajer kampanye Gernas BBI, pelaku e-commerce dan pemerintah daerah agar fokus pada target yang ditetapkan. BBI sudah hadir di Bali, Sumut, NTB, Jabar, Jateng, NTT, dan bulan depan di Likupang, Sulawesi Utara.


 





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 12 =

Trending

Ke Atas