Ekonomi

Perum Perindo Luncurkan Merek Dagang Ikanaku

pekerja-membawa-ikan-menuju-cold-storage-unit-pengolahan-ikan-_171009083328-686.jpg


Brand Ikanaku terdiri atas produk-produk eksisting yang dimiliki Perum Perindo.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) meluncurkan ritel produk perikanan dengan brand bernama Ikanaku. Ikanaku terdiri atas produk-produknya untuk bahan dasar masakan atau kuliner perikanan khas Indonesia antara lain kakap merah, ikan kembung, bandeng, ikan cakalang, tenggiri, Ikan bawal dan salmon.


Selain itu, ada juga beberapa olahan seperti tenggiri giling, tenggiri steak, tuna steak, salmon portion, angoli fillet, ikan dori, cumi, udang kupas. Selanjutnya, perusahaan juga menawarkan produk siap masak seperti Ikan nila bumbu kuning, udang saos dan masih banyak lagi.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan brand Ikanaku terdiri atas produk-produk eksisting yang dimiliki Perum Perindo. Namun sekarang mulai dikembangkan melalui inovasi produk siap masak dan siap makan sesuai kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA :  Peretasan Twitter bermula dari serangan ponsel

“Pada masa pandemi covid ini, kami turut mengubah strategi korporasi dari sebelumnya fokus pada pemasaran korporasi, sekarang menjajaki pasar ritel,” ujar Fatah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/10).

Oleh karena itu, Perum Perindo menginisiasi brand ritel  Ikanaku pada setiap produk unggulan yang dipasarkan. Kata Fatah, sasaran utama Perum Perindo dalam memasarkan produk Ikanaku adalah fokus terhadap apa yang dibutuhkan konsumen.

Hal ini telah melalui evaluasi dan pengkajian setiap penerapan bisnis untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan. Era sekarang, sebut Fatah, merupakan fenomena disrupsi. Oleh karena itu, perusahaan menerapkan pola //know your customers//.

Meskipun cukup menantang, lanjut Fatah, perusahan mulai mengubah perilaku komunikasi dari konvensional mengarah ke digital online dengan memaksimalkan media komunikasi online pada pendistribusian produk. Salah satunya dengan memanfaatkan //computer mediated communication// (CMC) melalui pemanfaatan aplikasi media komunikasi online pada pendistribusian retail.

BACA JUGA :  Hadapi Pandemi, Pertamina Optimistis Kinerja 2020 Positif

“Untuk menciptakan produk kompetitif, kami juta mempromosikan brand ritel Ikanaku melalui berbagai media komunikasi seperti media perusahaan, media sosial dan promosi luring,” ungkap Fatah.

Direktur Operasional Perum Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat menyebut produk ikanaku ini mudah didapatkan. Caranya yakni dengan layanan retail melalui aplikasi Whatsapp dan grab mart. Selain itu, produk Ikanaku juga tersedia di Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru.

“Strategi pemasarannya melalui kerja sama dengan BUMN Klaster Pangan. Selanjutnya, Perum Perindo menggandeng kementerian Desa yang akan mendistribusikan produk Ikanaku ke BUMDes yang tersebar di beberapa titik pelosok wilayah di Indonesia,” ucap Raenhat.

Dengan beberapa taktik di atas, ucap Raenhat, Perum Perindo turut mengevaluasi faktor eksternal seperti adanya regulasi pemerintah maupun isu-isu yang berkembang untuk menciptakan penerapan bisnis yang sehat dan efektif.





Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas