Sport

Sekjen Perbasi: Divisi e-Sport bola basket bakal dibentuk

nirmala-dewi22_2.jpeg


Tentunya ini suatu peluang bagi Indonesia untuk berkibar di kancah internasional melalui e-sport

Palembang (ANTARA) – Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia Nirmala Dewi mengatakan organisasinya berencana membuat divisi e-sport untuk merespon perkembangan terkini dari olahraga bola basket yang dipertandingkan secara virtual itu.

Nirmala Dewi dalam diskusi virtual bersama para penggiat olahraga e-sport Tanah Air, Sabtu, mengatakan, Perbasi juga merujuk pada langkah yang telah dilakukan Federasi Internasional Bola Basket (FIBA).

“Olahraga e-sport bola basket ini juga sudah dipertandingkan FIBA untuk mengisi kekosongan jadwal karena adanya pandemi. Selain itu, FIBA juga berencana untuk melakukan uji coba untuk liga-nya sendiri, artinya keberadaan divisi khusus ini menjadi suatu yang mungkin di Perbasi,” kata dia.

Baca juga: Perbasi gandeng IESPA gelar turnamen esports NBA2K

Ia berkeyakinan bahwa e-sport bola basket ini akan semakin berkembang di masa datang sejalan perubahan gaya hidup di masyarakat, sehingga kompetisi pada tingkat nasional hingga internasional akan semakin banyak.

BACA JUGA :  Pernyataan Formula 1 tentang komentar berbau rasisme Ecclestone

Oleh karena itu Perbasi menilai diperlukan divisi khusus untuk mengawalnya sehingga atlet e-sport yang dikirim bertanding ke luar negeri memiliki peluang yang kuat untuk menjadi juara. Apalagi, minat dan bakat kalangan muda di Tanah Air terbilang luar biasa karena beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di ajang e-sport internasional.

“Tentunya ini suatu peluang bagi Indonesia untuk berkibar di kancah internasional melalui e-sport,” kata Dewi.

Jika nantinya divisi e-sport ini terbentuk, ia melanjutkan, Perbasi akan menggandeng berbagai pihak terkait, seperti Asosiasi Esport Indonesia (IESPA), komunitas bola basket hingga komunitas games itu sendiri.

Baca juga: Perbasi dan IBL serahkan dokumen rencana kompetisi ke Gugus Tugas

Perbasi akan merancang perencanaan matang agar liga bola basket e-sport ini berjalan berjenjang dan berkesinambungan sehingga melahirkan atlet-atlet hebat.

BACA JUGA :  Fajar/Yeremia juarai ganda putra dengan kalahkan Kevin/Reza

“Inilah uniknya, mereka yang bisa menjadi atlet e-sport bola basket ini tidak mesti berpostur tubuh tinggi. Artinya, ini suatu peluang baru bahwa mewakili Indonesia tidak mesti di lapangan basket tapi bisa juga dengan menjadi atlet e-sport,” kata dia.

Sementara itu, Perbasi berkerja sama dengan IESPA menggelar kompetisi secara virtual bertajuk 3×3.EXE. E-Games Indonesia NBA 2K20 Tournament yang diikuti 64 tim, 27-28 Juni 2020.

Gim yang dipertandingkan merupakan permainan bola basket 3X3 NBA 2K20 dengan menggunakan konsol PlayStation 4.

Menurut Nirmala Dewi, ajang ini juga menjadi kesempatan bagi Perbasi untuk menjaring atlet nasional yang akan memperkuat Indonesia di kompetisi resmi e-sport.

Baca juga: Panduan normal baru Perbasi lampu kuning untuk kelanjutan IBL 2020

Baca juga: FIBA tayangkan IBL Esports Competition seri kedua

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Ke Atas