Politik

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Berpacu di Berbagai Survei Capres

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Berpacu di Berbagai Survei Capres


Elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan merajai berbagai survei Capres.

TERDEPAN.id, JAKARTA — Sejumlah lembaga merilis hasil survei terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang berpotensi maju pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Dari survei-survei tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menjadi tiga kepala daerah dengan elektabilitas tinggi dan potensial diusung sebagai calon presiden (Capres).


Pada Ahad (19/12) lalu, Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil survei terkait calon pemimpin untuk 2024. Dari klaster kepala daerah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi.


“Ini Anies Baswedan nomor satu dengan 37,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi di Tebet, Jakarta, Ahad (19/12).


Di bawahnya ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (34,5 persen) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (13,8 persen). Terakhir ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas sebesar 7,3 persen.


Namun jika digabungkan dengan sosok capres potensial lainnya, nama Anies berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 12,5 persen. Di atasnya ada nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (23,9 persen) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (16,4 persen).

BACA JUGA :  Terus Menguat, Harga Emas Antam Sentuh Rp 962 Ribu per Gram


KedaiKOPI juga membuat simulasi pasangan Capres dan Cawapres untuk 2024. Menariknya, dari hasil simulasi tersebut, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, menjadi ‘kunci’ kemenangan jika dipasangkan dengan siapapun. Pada simulasi pertama, jika Anies Baswedan dipasangkan dengan Airlangga Hartarto menghadapi pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani. Hasilnya, pasangan Anies-Airlangga menang dengan angka 57,1 persen berbanding 42,9 persen.


Kedua, jika pemilihan presiden diikuti oleh tiga pasangan calon. Antara lain Ganjar Pranowo-Sandiaga Salahuddin Uno, Anies-Agus Harimurti Yudhoyono, dan Prabowo-Ridwan Kamil. “Ternyata dimenangkan oleh Pak Ganjar-Sandiaga Uno dengan 42,4 persen. Anies-AHY 29,2 persen dan Prabowo-Ridwan Kamil 28,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo.


Simulasi ketiga ada dua pasangan calon, yakni Prabowo-Ganjar dan Anies-Sandiaga. Dalam simulasi tersebut, pasangan calon pertama menang 59,8 persen berbanding 40,2 persen.


Kemudian dalam simulasi keempat, terdapat dua pasangan calon, yakni Anies-Ganjar dan Prabowo-Airlangga. Pasangan Prabowo-Airlangga kalah dengan perolehan 38,0 persen berbanding 62,0 persen. “Menarik adalah kalau Pak Ganjar didampingi AHY dan Pak Prabowo didampingi Anies, itu 50:50, imbang,” ujar Kunto.

BACA JUGA :  Empat Potensi Pelanggaran Verifikasi Faktual


Simulasi terakhir kembali terdapat tiga pasangan calon. Antara lain Ganjar-Airlangga, Anies-Ridwan Kamil, dan Prabowo-AHY. “Ternyata selisihnya sangat kecil antara (pasangan calon) nomor satu dan dua, selisihnya tidak sampai satu persen,” ujar Kunto.


Hasil survei yang dilakukan oleh Populi Center terkait potensi dukungan sebagai Capres 2024 pun menunjukan hasil yang hampir sama. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menjadi dua nama paling mendapat dukungan. Namun, dalam survei ini, nama Ridwan Kamil tidak ada dalam posisi lima besar.


“Saat ini Ganjar Pranowo mendapatkan paling banyak dukungan. Hasil survei hanya menunjukkan mengenai potensi tingkat dukungan pada saat ini dan bukan tingkat elektabilitas dari kelima tokoh tersebut,” kata Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah  secara daring, Senin (20/12).


Nurul melanjutkan, Ganjar mendapat dukungan maju sebagai Capres sebesar 58,3 persen. Anies Baswedan berada di posisi kedua dengan 47,3 persen. Untuk posisi ketiga hingga lima ditempati oleh Prabowo Subianto dengan 46,6 persen, Erick Thohir sebesar 27,5 persen dan Puan Maharani sebesar 17,5 persen.


 





Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − six =

Trending

Ke Atas