Dunia

Singapura temukan dugaan klaster Omicron di pusat kebugaran

Singapura temukan dugaan klaster Omicron di pusat kebugaran



Karena penularan dan penyebarannya yang tinggi ke banyak belahan dunia, kami seharusnya sudah memperkirakan lebih banyak temuan kasus Omicron di perbatasan-perbatasan kami dan juga di antara masyarakat kami

Singapura (ANTARA) – Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan pada Senin malam bahwa tes awal sudah mendeteksi dua kasus diduga varian COVID-19 Omicron berkaitan dengan satu pusat kebugaran.

Sementara itu, pihaknya masih menunggu hasil kasus COVID-19 ketiga yang juga berkaitan dengan pusat kebugaran. Singapura sudah melaporkan 71 kasus terkonfirmasi Omicron dengan 65 infeksi dari luar negeri dan enam kasus lokal.

“Karena penularan dan penyebarannya yang tinggi ke banyak belahan dunia, kami seharusnya sudah memperkirakan lebih banyak temuan kasus Omicron di perbatasan-perbatasan kami dan juga di antara masyarakat kami,” demikian keterangan Kemenkes Singapura.

BACA JUGA :  Arab Saudi umumkan musim haji 2021 aman dari COVID-19

Dengan 87 persen dari 5,5 juta jumlah penduduknya yang sudah divaksinasi lengkap, Singapura sudah mengalihkan fokusnya ke penyuntikan booster. Sekitar 34 persen penduduk kota sudah mendapatkan suntikan booster.

Kasus COVID-19 di Singapura sudah menurun selama beberapa pekan belakangan dari rekor jumlah harian 5.324 kasus pada akhir Oktober.

Namun, negara itu melaporkan 195 kasus baru pada Senin (20/12).

Varian COVID-19 Omicron tengah menyebar lebih cepat dibandingkan varian Delta dan menyebabkan infeksi pada orang-orang yang sudah divaksinasi atau mereka yang sudah sembuh dari penyakit COVID-19, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Senin.

BACA JUGA :  Pacu Bank Digital, MNC Gandeng Amazon Web Service

Penelitian dari Afrika bagian selatan dan Inggris menunjukkan varian itu tengah menyebar dengan cepat dan diperkirakan akan segera melampaui pendahulunya, Delta, di beberapa negara.

Omicron secepat kilat sudah menjadi dominan di Amerika Serikat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Singapura temukan penularan lokal pertama Omicron

Baca juga: Singapura: Dua pelancong ke Sydney tertular Omicron transit di Changi

Baca juga: Singapura, Malaysia buka perbatasan darat bagi pelancong sudah vaksin

Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Sumber
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =

Trending

Ke Atas