Sport

PSI Jember Sukses Gelar Kejuaraan Badminton Tingkat Sekolah

PSI Jember Sukses Gelar Kejuaraan Badminton Tingkat Sekolah

TERDEPAN.id, JEMBER — Fakta menarik yang kurang didengar masyarakat, bahwa Jember adalah salah satu daerah yang melahirkan atlet-atlet berprestasi pada cabang olahraga Badminton. Mulyadi atlet badminton kelas dunia di era tahun 60-70 an. Selain itu juga ada Winarsih, Trikus Harianto, Edy Gunawan, Ika Heny, Eny Yulianti hingga era Febriana Dwipuji Kusuma.

Semangat tersebut mendorong Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Jember untuk membuat Kejuaraan Badminton tingkat Sekolah (SD hingga SMA/sederajat). Kejuaraan dilaksanakan selama 4 hari, 16-19 Oktober 2023 di GOR Gajah Mada Jember.

Hendrik Susanto, Divisi Olahraga DPD PSI Jember selaku ketua panitia menyampaikan bahwa alasan diselenggarakan kejuaraan tersebut karena kurangnya kesempatan kompetisi yang membentuk mental calon atlet.

“Di Jember ini kesempatan mengikuti kompetisi kejuaraan masih terbatas. Itu alasan kami menyelenggarakan.” ungkap Hendrik.

Pada tanggal 16 Oktober 2023 hadir juga Koordinator Ketua Eksternal DPP PSI – Danik Eka Rahmaningtiyas yang membuka kejuaraan. Danik mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PSI Jember.

BACA JUGA :  PSI Jember Gelar Pembekalan Bacaleg

“Menyiapkan atlet unggul harus dimulai sejak dini, karena tidak ada sang juara yang lahir tiba-tiba. Semua ada prosesnya. Berlatih saja tidak cukup harus diujicobakan melalui kejuaraan” kata Danik.

Pertandingan exhibition menghadirkan 2 atlet berusia 4 tahun. Meski usia keduanya masih sangat belia tapi cukup terlatih dalam memainkan raket.

Ada 7 kategori yang dipertandingkan, yaitu : SD Kelas 1-3 (Putra), SD Kelas 1-3 (Putri), SD Kelas 4-6 (Putra), SD Kelas 4-6 (Putri), SMP/sederajat (Putra), SMP/sederajat (Putri), dan SMA/sederajat (Putra). 1 Kategori yang tidak dipertandingkan adalah kategori SMA/sederajat putra karena tidak ada peserta yang mendaftar.

“Total yang mendaftar sebanyak 145 peserta. Rata-rata 20 peserta pada masing-masing kategori.” kata Hendrik.

BACA JUGA :  Paguyuban Peternak Sapi Gumuk Asem Gabung PSI Jember

Hari ini babak final seluruh kategori. Juara-juara tersebut yakni :

Andra Julio Ghaizan dari SDN Ajung 03, Juara 1 Kategori SD Kelas 1-3 (Putra)

Arinda Kheisya Ashabil Yamin dari SDN Kepatihan 5, Juara 1 Kategori SD Kelas 1-3 (Putri)

Auradhan Nuzuki A. dari SDN Rambijaya 02, Juara 1 Kategori SD Kelas 4-6 (Putra)

Asha Fahri Mahira Ilmi dari SDN Ditotrunan 01, Juara 1 Kategori SD Kelas 4-6 (Putri)

Aditya Daffa Pratama dari SMPN 3 Jember, Juara 1 Kategori SMP/sederajat (Putra)

Firyal Assqilia dari SMPN 6 Jember, Juara 1 Kategori SMP/sederajat (Putri)

Nuril Fikri Fathoni dari SMKM 4 Kalisat, Juara 1 Kategori SMA/sederajat (Putra).

“Kami ucapkan selamat kepada seluruh peserta. Semoga ke depan kami (PSI Jember) bisa melaksanakan kejuaraan cabang olahraga lainnya sebagai komitmen kami dalam menggali potensi (olahraga) di Jember.” tutup Hendrik. (red)

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 3 =

Trending

Ke Atas